Di Dalam Printer Inkjet Anda: Bagaimana Cara Kerjanya?

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana cara kerja printer inkjet Anda? kunjungi juga ditumbas.com yang membahas berbagai informasi terupdate seputar teknologi,gadget dan berita lainnya. Bagaimana tinta dari kartrid inkjet ke kertas? Mengapa kualitas cetak sangat jelas? Mengapa hasil cetak begitu hening?

Di Dalam Printer Inkjet Anda: Bagaimana Cara Kerjanya?

Secara umum, yang diketahui kebanyakan orang adalah ada beberapa gerakan dan suara bernada tinggi yang samar saat mencetak sesuatu – dan kemudian dokumen yang sudah selesai keluar.

Tidak seperti dot matrix dan printer karakter yang menyerang pita untuk membuat gambar, printer inkjet tidak menyentuh kertas secara fisik.

Semua fungsi printer inkjet menggunakan prinsip dasar yang sama. Tetesan tinta kecil “dibuang” (atau didorong) beberapa lubang ke kertas dengan cara yang terkontrol dan sistematis. Di sinilah istilah “inkjet” berasal.

Ukuran tetesan tinta, kecepatan, dan keandalan printer jenis ini terus meningkat sejak didirikan pada tahun 1976. Pada tahun 1993, Epson adalah produsen pertama yang memproduksi printer inkjet menggunakan teknologi mikro-piezo. Epson Stylus 800 adalah printer pertama yang menggunakan printhead aktuator multi-layer (printhead adalah bagian dari printer yang menyimpan banyak nozel kecil yang benar-benar menyemprotkan tinta ke kertas).

Printhead spesifik ini menggunakan elemen elektro-mekanis yang bertindak seperti ruang kontrol kecil. Ketika pulsa listrik melewati, itu yang memberikan sinyal khusus untuk menyalakan nozel individu atau beberapa dimuat dengan tinta.

Teknologi mikro-piezo menggunakan kristal kecil di setiap nosel individu yang ketika dialiri listrik, akan bergetar atau menekuk sehingga menyebabkan jumlah tinta yang terkendali dipaksa keluar ke atas kertas. Ketika arus listrik mati, kristal membungkuk kembali ke bentuk aslinya, menciptakan ruang hampa, sehingga menarik tinta ke nozzle dari reservoir untuk api yang diperintahkan berikutnya.

Printhead Epson dipasang pada carriage sehingga tidak perlu diganti (carriage printer adalah yang bergerak menyamping melintasi kertas). Ini juga menjaga biaya kartrid tinta rendah karena mereka hanya sedikit lebih dari cadangan tinta.

Printer terobosan ini menghasilkan 360 dpi (titik per inci) kekalahan yang dianggap, hampir “kualitas huruf” pada saat itu. Dengan kecepatan cetak 150 – 180 karakter per detik, Epson baru menjadi printer favorit pengguna untuk rumah dan kantor.

Pada saat yang sama, HP menggunakan teknologi serupa. Sistem pengaliran panas digunakan pada printhead mereka. Printhead masih bertindak seperti ruang kontrol tetapi masing-masing nozzle secara independen dipanaskan oleh listrik, yang menyebabkan tinta meledak ke kertas. HP mengklaim suhu nosel inkjet yang dipecat mendekati suhu matahari.

HP memilih untuk menempatkan printhead pada kartrid inkjet itu sendiri alih-alih memasangkannya secara permanen ke carriage. Karena setiap kartrid inkjet akan memiliki printhead sendiri, kartrid pengganti akan lebih mahal untuk printer ini.

Kartrid inkjet HP juga tidak dapat mencetak secepat Epson karena setiap nosel perlu dingin setelah dipecat. Teknologi pemanasan ini juga membatasi jenis tinta yang bisa digunakan.

Pada tahun 1990-an, Canon, Epson dan HP mencetak printhead yang menerapkan tetesan tinta yang bahkan lebih kecil, secara drastis meningkatkan dpi dan resolusi.

Sementara Canon dan HP dapat menghasilkan ukuran tetesan picoliter 6 – 10 dari satu nozzle, Epson sekitar setengah ukurannya (antara 3 – 6 picoliter). Saat ini, ada printer yang tersedia yang akan menghasilkan 1 tetesan picoliter yang menakjubkan! Untuk mengetahui seberapa kecil ini; rambut manusia berdiameter sekitar 12 picoliter. Sebagian besar mata manusia tidak bisa melihat satu tetesan air jetted di atas kertas.

Printer inkjet telah berkembang sejak awal pertama kali.

Printer hari ini dua kali lebih cepat dari pendahulunya, dan lebih murah dari sebelumnya. Banyak printer dapat dengan mudah menghasilkan gambar berkualitas foto berwarna dengan 6000 dpi yang luar biasa.

Seiring berjalannya waktu dan karena permintaan untuk mencetak tetap tinggi, kualitas, kecepatan dan fitur printer inkjet hanya akan terus meningkat.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *